News Update :

PRINSIP K-3 & ERGONOMI DALAM PENGGUNAAN KOMPUTER DAN INTERNET KHUSUS NYA BLOGGING

By : Eka Radiansyah

Berinteraksi dan bekerja dengan menggunakan komputer sangat menyenangkan. Apalagi bagi yang sudah terampil menggunakannya dan dapat merasakan manfaat dari komputer. Mungkin akan betah duduk berjam-jam didepan komputer. Dengan demikian maka seorang pengguna komputer akan menjadi lebih terampil dalam mengoperasikannya. Namun, yang harus diperhatikan adalah tetap menjaga kesehatan. Berbeda dengan buku, koran atau alat lainnya, komputer adalah alat elektronik yang mengharuskan penggunanya memperhatikan berbagai aspek ketika mengoperasikannya.
Berbagai aktivitas dapat dilakukan dengan menggunakan komputer, apalagi bila komputer tersebut terhubung dengan jaringan internet. Pastinya akan sangat mengasyikkan dalam menggunakannya. Banyak hal yang bisa dilakukan dengan menggunakan internet seperti mendownload, upload, chatting, blogging dsbnya.
Salah satu yang paling mengasyikan yaitu Blogging. Blogging dapat dijadikan media penyaluran hoby, sebagai tempat belajar, pengisi waktu luang bahkan sebagai bagian dari aktivitas utama dan semuanya terpulang kepada individu masing-masing.
Blogging memerlukan waktu khusus. Artinya, duduk didepan komputer atau laptop, menulis, membaca, melakukan perubahan blog dan banyak lagi yang lain. Lamanya seseorang nge-blog juga bervariasi. Nah, terkait dengan lamanya durasi ngeblog inilah kadang kala tanpa disadari menimbulkan keluhan nyeri otot, rasa pegal dan banyak keluhan lain yang berhubungan pada saat nge-blog.
Posisi Nge-Blog
Pada umumnya, blogging dilakukan dalam posisi duduk. Tapi ada juga blogger yang lebih suka tengkurap pada saat blogging.
Posisi duduk yang tetap dalam durasi waktu yang lama dapat menimbulkan gangguan otot. Misalnya: otot punggung, otot leher atau sakit kepala lantaran ketegangan otot leher. Biasanya nyeri otot berlangsung sekitar 48 jam dan akan pulih dengan istirahat. Selain itu, gangguan otot pada saat nge-blog juga disebabkan oleh akumulasi kelelahan yang disadari maupun tidak.
Bentuk gangguan otot
Beberapa kemungkinan gangguan otot yang berhubungan dengan aktivitas blogging antara lain

1. Sakit kepala.
Keluhan ini disebabkan karena memelototi layar monitor dalam durasi yang lama. Dan tidak setiap blogger mengalaminya. Ada yang tahan tanpa keluhan apapun kendati ngeblog terus-menerus dengan durasi selama 5 jam.

2. Kepala serasa melayang atau terasa hanyut. Ini disebabkan oleh kurangnya aliran darah ke otak karena gravitasi atau karena postural hypotension.
3. Kaku leher, nyeri otot leher dan kaku duduk. Kadang merambat menjadi sakit kepala (tension headache).
4. Nyeri otot bahu, nyeri punggung. Tidak selalu nyeri, kadang hanya terasa kaku dibagian tersebut. Kaku dan nyeri pinggang. Kaki juga bisa mengalami hal sama dikarenakan kelamaan duduk.
5. Kram.
Ini diisebabkan karena aliran darah yang kurang lancar. Dan cobalah untuk merenggakan bagian yang kesemutan, relaksasi atau santai sejenak. Dan yang perlu diingat bahwa bentuk-bentuk gangguan otot diatas bisa disebabkan oleh sebab lain disamping blogging. Hal ini berkaitan langsung dengan kondisi kesehatan blogger sebelum melakukan blogging.
Tips menghindari gangguan otot bagi para blogger.
Istirahat dan cukup tidur serta jangan lupa relaksasi. Relaksasi dapat dilakukan dengan cara berbaring santai selama beberapa jam untuk memberi kesempatan perenggangan dan pemulihan otot.
Olahraga ringan dan teratur.
Perbanyak minum khususnya air putih dan kalau bisa juga minuman yang mengandung ion yang berfungsi untuk mencegah kram karena kekurangan cairan.
Bila ada bagian tubuh yang terasa kaku atau nyeri, bila dimungkinkan bisa dilakukan dengan mengompres dengan air hangat dan pemijatan ringan.
Perenganggan setiap 1-2 jam diperlukan untuk mencegah nyeri otot, terutama jika blogger duduk lama dengan posisi yang tetap.
Memilih kursi dan posisi yang nyaman dan usahakan tulang belakang dalam posisi lurus. Bila perlu dapat menggunakan penyangga leher untuk santai sejenak.
Sesuaikan posisi layar dengan jarak dan sudut pandang senyaman mungkin. Jarak antara mata dan dan layar sangat relatif, bisa 50 cm, 60 cm tergantung pada kebiasaan dan lebar layar. Untuk sudut pandang, sebaiknya posisi lurus.
Atur sinar layar sedemikian rupa hingga tidak menganggu mata, agar otot mata tidak cepat lelah. Yang terbaik adalah mengatur setingan resolusi layar, makin tinggi resolusi yang kita buat maka makin fresh suatu layar. Ini tergantung dari jenis monitor yang kita pakai.
Juga usahakan memakai VGA Card, bukan yang Onboard.
Pemakaian filter dapat dipertimbangkan jika sinar layar dirasa kurang cukup memberikan kenyamanan.
Sesuaikan posisi keyboard dengan posisi tangan agar tidak mudah lelah.
Sumber : Bahan kuliah K-3 Bahan kuliah Ergonomi
Share this Article on :

0 comments:

Post a Comment

 
© Copyright Borneo Blogger Community 2010 -2011 | Design by Herdiansyah Hamzah | Published by Borneo Templates | Powered by Blogger.com.